Minggu, 06 November 2011

Review “MIMPI SEJUTA DOLAR”



Judul               : Mimpi Sejuta Dolar
Penulis             : Alberthiene Endah, Merry Riana
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tgl. Terbit        : September 2011
Halaman          : 388 halaman





Seperti Laskar Pelangi, Negeri 5 menara dan sejenisnya, Mimpi sejuta dolar juga berisikan tetantang cerita perjuangan meraih mimpi untuk memperoleh sejuta dolar. Mimpi Sejuta Dolar memiliki alur yang menyentuh, karena merupakan kejadian nyata yang dialami sendiri oleh Merry Riana selaku tokoh  utama yang dibalut gaya tulisan Alberthiene Endah. Banyak hal yang dapat dipelajari dari buku ini seperti hikmah yang  bisa diterapkan untuk mencapai sukses dalam kehidupan. Ntalah, akhir-akhir ini aku sangat menyukai buku-buku yang membuat semangatku terpompa untuk terus  berusaha mewujudkan mimpi. 

Merry adalah keturan cina, kisah hidupnya menjadi sedemikian berkisah, tidak sempat terbayangkan pada mulanya bahwa dia kudu hadapi masa-masa kuliah yang demikian berat. Kerusuhan mei 1998 menyisakan duka yang mendalam untuk warga keturunan cina , tidak terkecuali keluarga merry.  Ke-2 orangtuanya pun jadi butuh mengirim merry ke singapura buat kuliah dikarenakan keadaan didalam negeri dirasa kurang kondusif. Bagaimanakah cara membayar cost kuliah di luar negeri di dalam keadaan keuangan keluarga yang masih terpuruk ? Nyatanya ada cara. Merry ikuti program utang pendidikan dari pemerintah singapura. Sesudah lulus kuliah, utang tersebut harus dibayar.

Alberthiene endah sebagai penulis berhasil melukiskan titik-titik perlu nan dramatis dari perjuangan hidup merry dengan demikian menarik Lebih dari satu diantaranya yaitu cerita saat nyaris tiap-tiap hari merry menyantap mi instan, isi perut sekadarnya dengan roti, pesan menu makan siang yang sangat murah, dan minum air putih sebanyak-banyaknya buat mengatasi lapar di malam hari. Semua itu merry kerjakan buat berhemat, karena ia dituntut buat dapat bertahan hidup dengan duit 10 dolar seminggu. Sungguh perjuangan yang luar biasa, karena ia kudu lakukan penghematan itu di dalam beratnya proses perkuliahan di kampusnya, nanyang technology university.

Buku ini sungguh sesuai dibaca oleh siapa pun yang haus akan bacaan-bacaan semangat. Kita pun jadi terdorong buat berani punya mimpi besar, lantas memperjuangkannya sekuat tenaga.  Dengan disipilin yang tinggi dan semangat pantang menyerah untuk terus mewujudkan mimpi besar tidaklah perihal yang tidak mungkin buat diraih. Dan semunya tidak hanya iktiyar yang harus dilakukan tetapi juga harus dibarengi oleh DOA, dimana kita harus terus melakukan semuanya demi Allah.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar