Kamis, 06 Desember 2012

Tak ada Kemiskinan jika kita selalu BERSYUKUR

Kemarin  di “group travelling yang ada di BBM” ada seorang teman yang posting pertanyaan dan pertanyaan ini sangat inspirasi yaitu, Coba isikaan kata untuk melengkapi kata berikut :

1. Allah menciptakan TERTAWA dan .......

2. Allah itu MEMATIKAN dan ......

3. Allah menciptakan LAKI-LAKI dan .......

4. Allah memberikan KEKAYAAN dan...

 Kebanyakan dari kita akan menjawab dengan kata sebagai berikut  :

1. MENANGIS.
2. MENGHIDUPKAN.
3. PEREMPUAN
4. KEMISKINAN.

Untuk No 4lah yang salah, bahkan saya sendiri sempat menjawab  Kemiskinan. Padahal  jawabanya bukan itu. Jawaban tersebut ada dalam rangkaian firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam surat An- Najm (53), ayat: 43-45, dan 48 sebagai berikut:

1.      "dan Dia-lah yang menjadikan orang TERTAWA dan MENANGIS." (QS. 53:43).
2.      "dan Dia-lah yang MEMATIKAN dan MENGHIDUPKAN." (QS. 53:44).
3.      "dan Dia-lah yang menciptakan berpasang - pasangan LAKI-LAKI dan PEREMPUAN. " (QS.53:45).
4.      "dan Dia-lah yang memberikan KEKAYAAN dan KECUKUPAN." (QS.53:48).


Dimana dalam Al Quran bukan KEMISKINAN, tapi KECUKUPAN. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala hanya memberi KEKAYAAN dan KECUKUPAN kepada hamba-Nya. Dan yang "menciptakan" KEMISKINAN adalah diri kita sendiri. Sehingga kemiskinan ada karena pemikiran kita sendiri yang selalu kurang bersyukur.  Bahkan kalupun ada kemiskinan itu dikarenakan manusianya sendiri yang tidak mau berusaha dan hanya malas-malasa. Oleh sebab itu orang-orang yang senantiasa bersyukur, walaupun hidupnya pas-pasan, ia akan tetap tersenyum dan merasa CUKUP. Jadi, marilah kita bangun rasa KECUKUPAN di dalam hati dan pikiran kita, agar kita menjadi hamba-Nya yang selalu BERSYUKUR.. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar