Selasa, 02 November 2010

PERALATAN PENDAKIAN

Hei, hei.. Kali ini saya akan menulis beberapa peralatan pendakian lho. Jangan anggap remeh soal perlengkapan yang harus kita bawa. Memang pendakian merupakan olah raga yang kadang dianggap murah meriah & nekat. Padahal  ada tidaknya peralatan inilah yang dapat mempengaruhi keamanan kita dalam mendaki. Tidak jarang juga sih yang mendaki dengan peralatan sederhana. Buat saya sendiri dulu juga sering nekat juga tanpa perlengkapan, tetapi seiring dengan waktu dan bertambahnya umur yang merasa butuh ini itu biar tidah terlalu kesulitan dalam pendakian. Nah buat yang pemula lebih baik membawa perlengkapan pokoknya az. Gak usah beli, kita bisa sewa ataupun pinjam. Baru deh nanti jika ada rejeki lebih, sedikit-sedikit menabung untuk membelinya. BERIKUT PERALATAN yang paling pokok…

1.      Kariel ( ransel )
Kariel adalah tas yang biasa di pakai paara pendaki jarak jauh (tapi aku lbh suka bawa kariel dr pada ransel. Kariel memiliki beberapa jenis dan ukuran yaitu 45lt, 50 lt, 75 lt, 100lt sampai 150lt. Kalau saya sendiri lebih memilih  50lt yang cukup lah buat perlengkapan dan tentunya lebih ringan ..hehehe.
2.      Dry Bag
Dry bag dapat melindungi dari embun juga, sangat pentingkan apalagi di musim hujan klo cm andalin rain cover kurang maksimum deh.
3.      Sleeping bag
Ini adalah kantung tidur yang digunakan jika kita ingin beristirahat dengan nyaman dan hangat.  Ada berbagai jenis (mumy, tikar) dan berbagai  bahan (polar, dakron, dan bulu). Dimana bahan akan mempengaruhi berat tidaknya slepping bag.
4.      Sepatu
Sepatu merupakan hal Penting dalam pendakian. Pilihlah sepatu yang nyaman di pake di kaki (kalau lecet kan tambah mengagu perjalanan, makanya pilih juga kaos kaki yang dapat melindungi kulit). Pada musim hujan sebaiknya memakai sepatu gunung yang waterproof (jika kaki basah membuat kita tidak nyaman kan, bisa masuk angin juga).
5.      Pisau
Saya bukan mengajari jelek lho. Dalam pendakian pisau memiliki peranan yang penting, sealin buat perlindungan diri juga bisa digunakan untuk mengupas buah (hehehe).
6.      Jaket + raincoat/jas ujan
Bawalah jaket yang tebal dan melindungi kita dari cuaca dingin. Sebainya pilih juga jaket yang tiga musim yang waterproof  ada juga yang berlapis tiga (hehehe..dari dulu pingin beli tapi mahal neh). Bawalah jaket lebih dari satu ya dan usahakan pilih warna jaket yang terang karena jika kita  terpisah di hutan akan mudah dicari.
7.      Headlamp atau senter
Yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Kita sudah hidup di jaman modern jadi harus dimanfaatkan. Dengan kita membawa headlamp dan senter kita tidak perlu membuat api unggun (api unggun itu sebenarnya justru berbahaya dan beberapa taman nasional justru melarang untuk membuat api unggun karena dapat membakar kawasan pegununggan kawan .. !!)
8.      Tenda
Tenda sangat berguna bagi pendaki sekarang ini. Tenda yang biasa di gunakan bagi para pendaki ialah tenda doem karena sangat mudah dipasang dan praktis. Tenda tersebut memiliki ukuran yang bermacam-macam dengan kapasitas mulai untuk 2 orang sampai 7 orang. Sebagai seorang cewek ya dalam pendakian ceweknya jgn cm 1 jadi tu tendannya biar pisah antara cwek n cwok....hehehe
9.       Kompor dan Nesting (rantang) 
Ada beberapa jenis kompor untuk pendakian, paraffin (mahal+aman), spirtus (bahaya+murah), gas (ini yang biasa saya pakai). Nesting adalah pengganti panci sebagai alat masak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar