Kamis, 07 Oktober 2010

Cara Merawat Ular (ular pelangi,ijo dan piton)

Secara umum merawat ular itu lebih mudah dibandingkan dengan binatang-binatang lain. Ular adalah binatang yang bersisik sehingga sangat cocok dijadikan hewan peliharaan bagi  seseorang yang alergi dengan bulu. Untuk pemula sebaiknya pilihlah ular yang tidak berbisa atau berbisa rendah. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • Seminggu sesekali madikan ular, tetapi jangan ketika ular berganti kulit.
  • Siapkan kandang sesuai ukuran ular, jangan terlalu kecil. Untuk ular yang besar hanya sampai satu meter, sebaiknya bahan kandang dari kaca. Dan untuk ular besar seperti pyton kandang sebaiknya dialasi carpet model Atroturf karena mudah dibersihkan dan anti bakteri, sangat tidak disarankan mengunakan Alas yang mengandung Cedar karena Cedar mengandung racun yang bisa membunuh ular.
  •  Jagalah kebersihan kandang dan kelembaban kandang, karena rata-rata ular Indonesia hidup di daerah tropis. Tetapi jangan biarkan ular berada di tempat lembab terlalu lama, sesekali jemurlah di sinar matahari yang tidak terlalu terang atau berilah kandang lampu. Sehingga kulit ular bebas dari bakteri dan jamur.
  • Selalu lihat kondisi kulit ular apakah berbau, berjamur tidak ataupun dihingapi kutu.
  • Selalu lihat mata ular, yang mana seharusnya mata ular jernih dan tidak berbayang.
  • Ketika ular ular berganti kulit, biarkan kulit terkelupas dengan sendirinya.
  • Berikan makan secara teratur, antara satu sampai dua minggu sekali. 
  • Berikan makanan ketika mangsa dalam kondisi hidup jangan mati. Jadi ketika menjadikan ayam sebagai makananya biarkan ayam tetap hidup, hal itu disebabkan ular akan mendeteksi mangsanya yang memiliki energi panas dalam tubuh.
  • Berikan  makan seekor mangsa yang tidak lebih lebar, dari bagian terluas tubuh ular.
  • Dan yang terakhir sayangi ular anda sepenuh hati dan berilah perhatian yang cukup.
Ini ada beberapa jenis ular yang pernah saya perihara…secara khusus sebagai berikut :

Ular Pelangi
SUNY
Disebut juga Iridescent Earth Snake, Sunbeam Snake, Ular wlingi (jawa) Ular pelangi sebagian habitatnya adalah air. Ular pelanggi merupakan ular yang tidak berbisa dan ular ini sangat pasif sehingga sangat cocok sebagai pemula dalam memelihara ular.  Dalam makanan ular pelangi juga sangat mudah. Makanan ular pelangi adalah tikus ,  tetapi jika tidak ada tikus dapat juga digantikan dengan cicak dan ikan seukuran cicak  (alibi : sebenarnya ak jijik ma hewan berbulu pa lagi tikus..he he he). Berhubung mencari dan menangkap cicak itu susah-susah gampang lebih baik memberikanya ikan saja. Saat memberikan makanan ikan sebaiknya biarkan ular berenang bersama ikan, jadi masukan ular dalam sebuah bak air yang sesuai dengan ukuranya agar dapat berenang dengan bebas.

Ular Ijo
Red-tailed Racer, Dak Awu, Gadung Luwuk/Gadung Perak. Ular ijo merupakan ular dengan habitat pohon, sehingga sebaiknya  kandang ular ijo diberi dengan ranting-ranting sehingga ular. Ular hijau memiliki bisa sedang sehingga harus berhati-hati. Dibandingkan ular pelangi ular hijau lebih agresif. Makanan ular ijo adalah burung. Sangat penting memilih burung yang disesuaikan dengan ukuran ular jangan sampai burung lebih besar dari pada ular.
Ular Piton
 Dibandingkan ular pelangi dan ular ijo, ular piton jauh lebih besar. Ular piton dapat mencapai panjang 3 meter. Selain itu umur ular piton juga jauh lebih panjang dan dapat mencapai umur 20 tahun. Ular pyton memiliki beragam warna dan jenis, sementara tang terkenal adalah batik, loreng, Albino, Hijau, Granit dan tiger. Dalam memelihara ular piton biaya yang dikelurkan jauh lebih besar, sehingga sesuaikan dengan kantong anda. Hal ini dikarenakan oleh makanan dan perawatanya yang cukup besar. Tetapi harga jual ular piton sangat tinggi, sehingga dapat juga ini dijadikan bisnis, kalau perlu ternak ular pyton. (pingin belajar ternak ular pyton juga…he he he). Untuk makanan ular pyton sesuaikan dengan ukuranya, mangsa ular pyton dapat berupa burung, tikus, kadal atupun ayam.

Ref : “Pengalaman Pribadi”


11 komentar:

  1. Tanya 1 bro, kalau ular pelanginya masih kecil, yg pnjangnya 25 cm, bgusnya di beri makan apa ya bro??

    BalasHapus
  2. Tanya 1 bro, kalau ular pelanginya masih kecil, yg pnjangnya 25 cm, bgusnya di beri makan apa ya bro??

    BalasHapus
  3. Kalau ular pelangi apa harus direndam ke air setiap hari.......

    BalasHapus
  4. saya punya ular hijau berbinntik putih kira kira makanannya apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ular ijo pucuk a mas klo pucuk kasih cicak klo olar bajing pake tikus

      Hapus
  5. baby gadung hijau bisa dikasih belalang atau jangkrik ga mas , soalnya bukaan mulut dia terlalu kecil dikasih cicak thx

    BalasHapus
  6. Ular air pelangi apa harus dikasih air terus untuk kandangnya atau gimna? Saya nemu doi masuk rumah mau dibuang sayang

    BalasHapus
  7. Baby ular pucuk itu makanannya apa ya bang?

    BalasHapus