Senin, 04 Oktober 2010

ALAM


Ada dua jenis alam yaitu Alam Alami dan Alam Buatan . Alam Alami merupakan ciptaan Tuhan seperti gunung, hutan, lautan, danau dan sebagainya. Sedangkan Alam buatan merupakan alam yang dibuat oleh manusia sepeti hutan buatan, taman, waduk buatan bahkan ada perkotaan.  Mana yang bagus ? tentulah alam alami yang lebih mengagungkan. Dengan eknologi secangggih apapun  alam alami akan selalu lebih cantik dan sempurna. Tetapi manusia justru sering sekali merusak alam alami dengan merubahnya menjadi alam buatan. Padahal Kehidupan kita sebagai manusia tidak lepas dari alam. DI ALAM manusia tinggal, DARI ALAM manusia memenuhi kebutuhanya, sayangnya manusia lupa akan hidup UNTUK ALAM, Sungguh egois bukan ?

Di Alam manusia tinggal. Hal ini sudah sangat jelas sekali bahwasanya manusia menghabiskan seluruh hidupnya di Alam dunia. Tidak hanya manusia saja yang tinggal di alam tetapi juga makluk hidup lainya seperti tumbuhan dan binatang. Sayangnya toleransi hidup manusia terhadap binatang dan tumbuhan sangatlah rendah. Hal ini terbukti dengan banyaknya eksploitasi binatang dan tanaman. Salah satunya yaitu perusakan hutan, dimana hutan   merupakan habitat tanamana dan banyak binatang. Hutan banyak yang dihabiskan dan diganti oleh perumahan dan daerah industri.  Selain itu banyaknya sungai yang tercemar akibat dari ulah manusia.

Padahal dari alam manusia memenuhi kebutuhanya. Dimulai pagi hari sampai malam hari yang seluruh hidup manusia tergantung terhadap alam. Manusia membutuhkan oksigen yang dihasilkan oleh  tumbuhan, manusia memerlukan makanan yang mana makanan diperoleh juga dari tumbuhan dan binatang, manusia memerlukan tempat tinggal yang seluruhnya berasal dari Alam.  Sayangnya manusia memanfaatkan alam terlalu serakah. Seperti halnya lautan yang sumber daya alamnya diambil dengan cara yang berlebihan yaitu dengan cara pengeboman trumbu karang, pencemaran laut oleh berbagai perusahaan kilang minyak, dan pembuangan limbah ke dalam laut.

Untuk alam manusia tidak berbuat apa-apa. Bukankah seharusnya Manusia lebih mencintai dan menyayangi alam agar kehidupan manusia kelak tetap berlangsung dengan baik. Marilah sebagai manusia kita berbuat lebih baik terhadap alam. Menjaga seluruh alam dan melestarikanya mulai dari hijaunya hutan yang selalu terjaga kesejukanya, birunya lautan yang selalu terjaga kesegaranya dan beningnya sungai yang selalu terjaga untuk seluruh kehidupan kita bersama.

GO GREEN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar