Rabu, 20 Oktober 2010

Resensi Buku 24 Wajah Billy



Judul asli                    : The Minds of Billy Milligan
Penulis                        : Daniel Keyes
Penerjemah               : Miriasti dan Meda Satrio
Penyunting                : Budhyastuti R.H.
Penerbit                     : Qanita, Bandung
Cetakan                      : I, Juli 2005
Tebal                           : 699 halaman




Sebenarnya buku ini sudah lama sekali saya baca yaitu tepatnya di tahun 2006. Kemarin ketika makan di bakso damas saya melihat seorang mahasiswi yang sedang membaca buku ini, jadi inggatlah saya. Buku ini merupakan buku yang sangat bagus lho. Novel hasil tulisan Daniel Keyes yang merupakan kisah nyata dengan alur kilas balik. Di awal kisah terasa sedikit membingungkan buat saya tetapi lama kelamaan justru mampu menghasilkan cerita yang benar-benar nyata (biar g' bingung jadinya baca harus berkali-kali). Dan inilah yang menjadi novel ini menarik, karena mampu menberikan rasa penasarann akan teka-teki crita didalamnya dan banyak pengetahuan. Bahasa yang ditampilkan juga sangat lugas. Dari novel saya jadi mengetahui seperti apa orang yang memiliki prilaku ganda, sehingga kita sebagai orang normal dapat melihat dari sisi yang berbeda (dijamin banyak pengetahuan yang akan didapat ketika kita membaca buku ini...).

Sayangnya di akhir cerita menghasilkan crita yang mengantung, tidak happy ending ataupun sad ending. Saya selalu penasaran dengan cerita yang belum selesai tetapi mungkin inilah yang ingin disampaikan oleh penulis. Kehidupan akan terus berputar dan cerita tidak akan berakhir jika masih ada kehidupan, kan ini buku kisah nyata.. J

Tokoh utama dalam buku ini adalah William Stanley Milligan atau yang lebih dikenal dengan Billy Milligan merupakan salah seorang yang dapat mencengangkan dunia di penghujung akhir tahun 1970-an. Bagaimana tidak ? coba kawan bayangkan, bagaimana caranya didalam tubuh seseorang dapat hidup lebih dari dua, bukan tiga atau empat kepribadian tapi melainkan 24 kepribadian yang berbeda, bahkan bertolak belakang antara satu dengan yang lainnya. Kepribadiaan billy antara lain : 

  • Arthur, pria dengan logat inggris yang sangat cerdas dan berbakat menjadi dokter.
  • Ragen, seorang komunis ateis yang mampu berbahasa Serbo-Kroasia, menguasai berbagai macam beladiri dan ahli senjata.
  • Allen, jago main drum dan melukis potret wajah
  • Tommy, ahli melepaskan diri dari segala macam kunci
  • Danny, anak 14 tahun yang selalu ketakutan
  • Adalana, seorang lesbian yang selalu kesepian.
  • dan lain-lain....

Cerita dalam novel ini berawal dari ditangkapnya Billy pada bulan Oktober tahun 1977 karena melakukan berbagai tindakan kriminal berat, termasuk perampokan bersenjata, dia ditahan atas tuduhan serangkaian pemerkosaan di kampus Ohio State University. Dalam proses menyiappkan pembelaannya, para pengacara Negara yang ditugaskan membela Billy menemukan bahwa pria 22 tahun tersebut memiliki keprobadian ganda, dan 2 dari 24 pribadi yang ada padanya melakukan tindak kriminal tanpa pribadi yang lain mengetahuinya. Billy pun mengajukan pembelaan dengan dalih kegilaan-pribadi majemuk pertama yang melakukannya. Billy pun lalu dimasukkan ke sejumlah rumah sakit jiwa milik negara, tempat dia memperoleh sedikit pertolongan. Akhirnya, Billy mendapatkan perawatan dari Dr. David Caul dan mendapati bahwa pribadi-pribadi dalam dirinya bias secara sukarela bersatu kapan pun mereka ingin melakukannya. Namun, apabila bersatu terus menerus, pribadi-pribadi itu menemukan bahwa keahlian yang mereka miliki sebagai masin-masing individu akan kehilangan ketajamannya. Billy sering menyebut situasi ini dengan kalimat, “Gabungan semuanya lebih sedikit daripada jumlah dari bagian-bagian yang ada”. Setelah sepuluh tahun mendekam di rumah sakit jiwa, akhirnya  pada tahun 1988 dibebaskan. Kini ia tinggal di California dan memiliki perusahaan film Stormy Life Productions.

Penasaran ? Baca deh !! dijamin gak nyesel...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar